Jumat, 15 Agustus 2008

Catatan Kaki

Saya merasa terkadang post-post saya menyesatkan. Saya sendiri juga tersesat bersama Anda. Mohon, sikapi apa yang Anda baca di blog ini dengan bijaksana. Jangan ambil apa yang saya katakan di face valuenya. Makanya untuk itu ada disclaimer. Saya tidak bertanggung jawab atas keputusan investasi yang Anda buat. Blog ini hanya semata-mata catatan dari proses belajar yang saya alamatkan, salah satunya, untuk diri saya sendiri.

Saat ini market sedang bearish. Choppy trading dan short term gain sangat penting. Untuk long term, rasanya belum bisa. Dibutuhkan trader yang rajin banget kalau sudah begini, karena market naik-turun, dan lebih banyak turunnya daripada naiknya. Position trader mungkin sedang banyak unrealized/floating loss. Saya sendiri masih ada yang floating lossnya lebih dari 20%! Bukan Money Management yang baik! Tapi saya yakin berdasarkan track record, saham yang bersangkutan akan kembali lagi, bahkan lebih. Dan saya average-in ketika menyentuh support, walaupun tidak banyak.

Investasi adalah tentang rencana. Jika rencana Anda jangka panjang, jangan main harian. Jika rencana Anda harian, tidak perlu lihat intraday. Jika Anda intraday, well, Anda pasti sudah level master.

Stick to your guns, guys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trader Blogroll