Kamis, 09 Oktober 2008

Gelap

"The nearer the dawn the darker the night."
- Henry Wadsworth Longfellow

Kemarin karena terlalu yakin (entah dasarnya apa, mungkin kesuksesan bulan lalu), saya lupa pasang sabuk pengaman (money management), sampai pakai margin dan kekurangan likuiditas (kaya Amerika saja).  Rencananya mau ambil rebound BUMI, tapi malah nyungsep ke bawah jauh sekali.  Kecelakaan berat, dan capital saya terluka parah.   Demikianlah nasib seorang swing trader yang kurang monitor.  Untung masih ada orang yang mau meminjamkan uang jangka pendek (seperti Credit Suisse ke Bakrie), sehingga saya masih bisa bertahan walaupun sedang suspend, mau di-forced sale sama sekuritas saya juga pasti tidak bisa, tapi lebih baik saya bayar saja.  Untunglah utang itu bisa menutupi saham BUMI saya yang kena suspend dan masih sisa sedikit buat peluru selanjutnya.

Waktu paling gelap adalah tepat sebelum fajar tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trader Blogroll