Jumat, 04 Juli 2008

Evening Talk

Adakah kata kalah? 

Saya tidak trading hari ini, karena kemarin saya sudah merasa kalah, cut loss hampir semua portofolio saya untuk saham-saham berikut ini:  UNSP, CPIN, ANTM, INDF, BLTA, ENRG.  INCO saya cut dua hari lalu.  Unrealized gain di ANTM pernah 3-4%, dan INDF 5-6%, tapi tidak saya ambil karena memang belum kena target price.  Sekarang, malah loss sedikit.  Dan saya bilang:  I will not trade anymore this month.  Cuma ada dua posisi yang masih open saat ini (satu position, satu swing).  Posisi swing cukup besar baru saya buka kemarin.  Tebak saham apa itu...  dan ternyata, hari ini ada technical rebound!  Sedangkan yang saya cut kemarin, ternyata adalah keputusan yang baik, karena tiga dari enam (setengah), nyangkut!  (ANTM, UNSP, CPIN)  Dan posisi saya di ANTM cukup besar kemarin, kedua setelah BUMI.  So, di sini adalah money management yang berperan, dan ketetapan untuk stay with my game.  Saya mau swing, jadi jika alasan untuk swing sudah tidak ada, dan stop saya (yang sudah dipindahkan ke level beli) sudah kena, ya jual, mau apa lagi?  Yang position memang malah saya tambah.


Hari ini "kekalahan" saya jadi 7.5% dari 10% kemarin, hampir menyentuh level maksimum resiko 6% lagi.  (tebak lagi dari saham apa?)

Satu trade terakhir untuk bulan ini (mungkin akan makan waktu sebulan atau seminggu, who knows...), setelah itu saya retired sampai bulan depan.  Jadi saya cuma mencari exit sekarang, bukan lagi entry.  Bukankah exit jauh lebih sulit dari entry?  Tapi karena saya sedang pakai kacamata kuda satu saham, mungkin akan lebih terlihat sekarang gerakannya.

Ternyata lebih baik pasrah saja sama Mr. Market.  Karena kita jelas tidak bisa mengendalikannya, kita cuma bisa membaca moodnya dan... mengikutinya.  Aneh memang, tapi cara menang di sini adalah bukan menjadi macho dan seperti tahu segalanya, tapi dengan pasrah dan mengikuti apa maunya market.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trader Blogroll