Senin, 29 September 2008

My Account Grow 22% ;-)

Tadi aku baru hitung-hitung account sebelum libur.  Sebenarnya aku nggak nyangka, setelah perjuangan yang berat, akhirnya bulan ini accountku plus!  Dan tidak tanggung-tanggung, +22%!  Dan ini pasarnya bear, sementara aku ini long-only investor (alias bullish warrior).

Banyaknya profit kali ini sebenarnya cuma karena dua saham primadona bulan ini:  BUMI dan TRUB.  

BUMI aku swing, beli di 3050, 3100, jual di 3800 - 3900.  Untung 25%-an.  Alasan trading:  support - resistance (swing).  Simple, proven, and true.  

TRUB, aku beli di 149, 153, dan 135.  Jual di 155, 170, 179.  Untung 25%-an juga di-rata-rata.  Ada juga buying dip lagi, tapi cuma dapat untung  sedikit (hari ini), beli 158, jual 162.  Alasan trading:  ga tahan liat volumenya! (momentum)

Yang lain-lain, untung 2%-3% atau rugi segitu juga aja.  Tertib take profit, cut loss.  Jigo gocap kabur.  Tembus support lari.

Lumayan buat nutupin account-ku yang rugi terus dua-tiga bulan ini karena pasar bearish.

Masih ada posisi open hari ini (sebelum libur) di satu saham (tebak yang mana), karena tadi aku liat internet bailout US$700 billion-nya Amerika uda jadi.  So, mari kita liat end-of-year rally setelah ini.  Aku nyuri start.  ;P Alasan trading:  support (lagi!).

Pelajaran yang bisa diambil, jangan cepat menyerah.  Winners never quit, quitters never win.  Kalau kita kalah, coba, dan coba lagi, sambil terus mengasah ilmu dan disiplin.  Trading is only a game.  And like any other good game, it takes a special skill to do it.

Satu lagi, jangan pernah setia pada saham.  Aku beli saham buat trading, bukan buat jadi teman.  So, setelah mendapatkan duit, aku buang.  Kalau jatuh juga aku buang.  Saham cuma punya satu tujuan dibeli:  untuk mendapatkan profit.  Tidak ada tujuan lain.  (Nasibmu saham...)  Kalau tidak profit, ya loss...  Juga sebaliknya.  Kalau tidak loss, ya untung.  Jaga gawang loss, maka untung cukup mudah didapat.  Kalau cuma mikir profit aja, biasanya aku jadi serakah, dan akhirnya malah kalah.

This is my best month so far.  Go go, keep it going.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trader Blogroll