Jumat, 30 Mei 2008

INKP: Roller Coaster Play

Bukan untuk mengajak Anda membeli, tapi mengajak Anda memperhatikan.  INKP adalah tentang kecepatan Anda dalam membuat keputusan.  Keuntungan/kerugian 10%-20% per hari adalah hal yang lumrah di saham roller coaster seperti ini.  Akan tetapi, level-level support dan resistance masih bisa terlihat jika Anda memperhatikan transaksi dua hari terakhir, yaitu support di level 2500 dan 2600.  Kemarin INKP sudah masuk kembali ke dalam Bollinger Band-nya, sehingga prospek penguatan hari ini sangat besar.  Day-trade only if you know what you’re doing.  TP 3000.

Backup fundamental:

Indah Kiat Diuntungkan Peningkatan Harga dan Volume Pulp

Kamis, 29 Mei 2008 18:25:32

StockWatch (Jakarta) - PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) mencatat peningkatan laba kuartal I/2008 menjadi US$61,1 juta, naik dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$1 juta. Pertumbuhan ini terutama didorong oleh peningkatan harga serta volume penjualan pulp.

Penjualan perseroan pada kuartal I/2008 meningkat 46,9% dari US$417 juta menjadiUS$612 juta, sementara disisi lain biaya penjualan dan produksi hanya naik 18% dari US$349 juta menjadi US$414 juta.

Katarina Setiawan, analis dari Kim Eng Securities dalam laporan risetnya, Rabu (28/5) mengatakan semenjak 2001 harga kertas cenderung naik. "Harga kertas akan terus naik hingga hingga beberapa kuartal ke depan," ujarnya.

Kenaikan harga itu karena berkurangnya suplai serta meningkatnya permintaan pulp. Katarina menyatakan tutupnya beberapa pabrik di Amerika Utara menjadi salah satu pemicu berkurangnya suplai di pasaran. Beberapa pabrik di Amerika Utara tutup karena tidak kuat menahan ongkos energi akibat meningkatnya harga minyak dunia. "Di sisi lain, permintaan meningkat dipicu oleh Olimpiade di Cina," tambah Katarina.

Tingginya harga minyak, demikian Katarina, menimbulkan risiko bagi perseroan. "Meskipun Indah Kiat lebih banyak menggunakan batubara untuk pembangkit listriknya, namun harga batubara berkorelasi positif dengan harga minyak. Tingginya harga minyak juga memicu tingginya beban transportasi dan bahan kimia," katanya. Analis ini menyatakan beban energi Indah Kiat selama kuartal pertama 2008 mencapai sekitar 7% dari jumlah beban perseroan.

Katarina dalam risetnya juga mengungkapkan, Indah Kiat akan terus meningkatkan kapasitas produksinya. "Mulai 2009 perseroan akan meningkatkan kapasitas kertas dan kemasan menjadi 2,5 juta ton pertahun atau naik 9% dari 2,3 juta ton pertahun saat ini. Peningkatan kapasitas ini akan mendukung pertumbuhan volume," tandasnya. (adhi/dwi)

Source:  e-bursa.com

Last note:  Kim Eng (ZP) kemarin mengakumulasi INKP 8000-an lot di harga rata-rata Rp2500-an, so riset tersebut bukan omong doang.  Sejak kenaikannya tanggal 21 April, Kim Eng juga masih net buy sebesar 50,000 lot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trader Blogroll