Senin, 19 Mei 2008

Stock Scan: Bollinger Band Top Volatility Breakout

Menggunakan fasilitas The Explorer dari Metastock 10, hari ini saya mencoba menuliskan kondisi yang saya suka amati sehari-hari, yaitu volatility breakout, yaitu taktik trading yang agresif, dimana menyerang (membeli) pada saat harga penutupan saham itu menembus Bollinger Band atas disertai volume yang besar (di atas MA 50).  Kalau bisa hal ini dimulai dari Bandwidth yang kecil, yaitu ketika Bollinger Band menyempit.

Saya tambahkan satu lagi kondisi untuk  memfilter saham-saham yang tidak liquid, yaitu typical price * volume (atau kira-kira nilai transaksi) harus lebih dari Rp.1 milyar.

Inilah hasil stock scan yang saya uraikan di atas malam ini:

UNTR UNSP-W UNSP ULTJ TMPI TKIM SPMA SMCB SGRO PWON PTRA MTDL MLIA MDLN LTLS KIJA JPFA HEXA GPRA ETWA ENRG DOID DEWA CNKO BVIC BUMI BTEL BRPT BNBR BKDP BISI ASRI AKRA AALI

UNTR, UNSP dan warannya, BUMI, BNBR memang sudah saya amati sehari-hari, jadi saya rasa ini cukup valid.  Selalu berhati-hati dengan TKIM:  peringatan bahwa saham ini bukan untuk yang jantungnya lemah.  Saya menghindari saham ini sepenuhnya.  ENRG dan DEWA rasanya perlu saya perhatikan lebih lanjut.

Apa gunanya stock scan ini?  Yang paling utama adalah untuk menambah jumlah buruan.  Keputusan tetap di tangan otak dan mata, bukan hasil perhitungan matematika.

OK, selamat berburu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trader Blogroll