Rabu, 21 Mei 2008

Stock Scan: BB Top and Perfect MA

Guess what? Ternyata men-scan saham itu sangat memudahkan proses perburuan. OK, inilah hasil stock scan seperti kriteria kemarin (Close di atas BB Top dengan volume di atas VMA 50 dan nilai transaksi di atas Rp.1 Milyar)

BKDP BKDP-W BRPT DEWA ENRG HEXA IATA INKP ITMG KARK KIJA META MLIA MTDL SGRO SMCB SPMA TINS TKIM TMPI

Dan hari ini saya menambahkan perfect MA stock scan, dimana SMA 5 > SMA 20 > EMA 50 > EMA 200 dan nilai transaksi hari ini di atas Rp.1 Milyar. Hasilnya sebagai berikut:

ANTM AUTO BISI BNII BUMI CPIN FASW IKAI INKP MIRA MLIA MYRX PTBA RUIS SGRO TINS TKIM UNTR

Lalu, saya mencoba menggabungkan kedua scan tersebut. Jadi kira-kira hasilnya adalah saham-saham yang volatility breakout dengan MA yang perfect hari ini adalah sebagai berikut:

INKP MLIA SGRO TINS TKIM

Lebih baik untuk mengamati yang perfect MA dulu. ANTM, BUMI, CPIN, UNTR, SGRO, TINS saya yakin banyak yang sudah tahu. Hidden gemsnya mungkin AUTO, RUIS, dan MYRX. Untuk hari ini, dengan perfect MA, ANTM hanya koreksi sesaat saja. Untuk swing (beli di harga penutupan 3.700) hari ini sudah pasti untung besok.

Lalu yang breakout, kalau dilihat-lihat adalah saham-saham yang menjadi buah bibir di pasar sekarang. BRPT, DEWA, TKIM, dan INKP. Tapi memang, sudah banyak juga yang sudah ketinggian.

Ternyata setelah saya pikir-pikir, saya harus menambahkan satu lagi kondisi untuk mencari Volatility Breakout yang asli (berarti yang di atas salah, tapi masih cukup bagus untuk diketahui, karena berarti beberapa saham di atas sudah bertahan di atas BB), yaitu harga penutupan sebelumnya harus di bawah BB Top, jadi saat ini barulah menembus BB Top. Hasilnya jauh lebih baik, yaitu sebagai berikut:

IATA KARK META TINS

Keempatnya patut dicermati karena berarti pasar mulai memperhatikan, tapi kombinasi dengan perfect MA menghasilkan hanya satu saham:

TINS!

Tampaknya saya kembali harus menambah watchlist saya. TINS masuk efektif hari ini. Harga penutupan TINS hari ini 35.650. Bahkan di saat IHSG minus dan demo BBM, TINS sanggup menembus BB Top dan sekaligus juga menembus resistance 35.000 (lihat awal bulan Maret). Jadi, sekaligus rekomendasi: BUY TINS.

Catatan: saya menghitung nilai transaksi dengan typical price * volume, maksudnya adalah untuk mencari saham yang cukup liquid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trader Blogroll